Kamis, 11 Agustus 2011

POHON ZAITUN





Keistimewaan Pohon Zaitun

Pohon zaitun memiliki keistimewaan, yaitu umurnya yang panjang. Ilmu Pengetahuan menyatakan bahwa pohon zaitun , merupakan pohon sebangsa kaya yang berumur panjang untuk masa yang lebih dari seratus tahun. Ia menghasilkan buah secara terus-menerus tanpa harus menguras tenaga manusia, sebagaimana ia akan selalu nampak hijau dan indah bila dipandang. Maka, bukan hal yang aneh bila kita menemukan pohon zaitun yang berusia enam ratus tahun di palestina. Setiap pohon bisa menghasilkan 15-20kg buah zaitun dalam satu tahun. Spanyol, Italia,Yunani, Turki, Tunisia, Portugal, Maroko, Suriah, Aljazair, Argentina, Dan Perancis merupakan negara-negara penghasil Zaitun.

Aldos Heksley dalam bukunya tentang pohon zaitun mengatakan,"Andaikata saya bisa menggambar dan mempunyai waktu cukup, tentu saya memerlukan waktu beberapa tahun untuk menggambar daun-daun zaitun di kanvas. Sebab, ada banyak bentuk daun yang berbeda-beda untuk satu pohon ini".

Karena itu, tidak mengherankan jika kita menjumpai pohon-pohon zaitun yang umurnya lebih dari enam ratus tahun. Daun pohon zaitun bertahan warna hijaunya terus menerus. Daunnya bisa hidup 3tahun, kemudian akan muncul daun baru sebelum daun lama gugur ketanah. Ia berbunga di akhir musim semi berupa bunga-bunga berwarna putih yang bunganya berjumlah 10-40 bunga dalam sekelompok bunga. Namun, hanya satu bunga dari asal 20 bunga yang berubah menjadi satu buah zaitun.

Buah zaitun mulai muncul pada bulan juni dan oktober. Minyak yang dikandung buah zaitun mencapai puncaknya jika buahnya sudah berumur antara 6-8 bulan setelah musim bunga. Saat itu, buah zaitun berwarna hitam dan matang sempurna. Setiap pohon bisa menghasilkan 20kg buah zaitun setiap tahun. Kayunya juga memiliki keunikan karena warna coklat madu yang indah. Saking hormatnya bangsa Romawi terhadap kayu pohon zaitun ini, bahkan mereka melarangnya digunakan sebagai kayu bakar.
Para pakar pengobatan herba menemukan bahwa jika daun zaitun direbus lalu diminum, akan berkhasiat untuk mengatasi masalah hipertensi dan melancarkan pembuangan urin. Setelah diperas untuk diambil minyaknya, biji zaitun bisa dibakar dan digunakan untuk pupuk pohon.

Zaitun sejak lama terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan. Terdiri dari : Meningkatkan metabolisme. Makan ½ cup buah zaitun setiap hari dapat mencegah kegemukan. Khasiat ini berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang mempercepat pembakaran lemak dan mencegah gula diubah menjadi lemak. Selain itu, sebuah studi dalam British Journal of Nutrition menemukan, asam lemak tak jenuh tunggal menstimulir cholecystokinin, sejenis hormone penekan nafsu makan yang mengirim sinyal kenyang ke otak. Merevitalisasi system imun Zaitun kaya dengan vitamin E larut lemak, yang melindungi sel-sel dari radikal-radikal bebas yang berbahaya. Antioksidan ini menguatkan system imun, mengurangi penyakit seperti pilek dan flu sampai 30%, begitu menurut para periset di Tufts University di Boston. Menghaluskan kulit Makan buah zaitun yang merupakan sumber terkaya oleic acid, membantu mengurangi tampilan garis-garis halus. Asam lemak ini dapat mengenyalkan kulit dan melindungi elastin kulit dari kerusakan. Meningkatkan sirkulasi Zaitun adalah sumber istimewa dari polyphenois, senyawa antioksidan yang membantu mencegah penggumpalan darah yang berbahaya. Sebuah studi dalam Journal Of American College of Cardiology mengaitkan senyawa ini dengan peningkatan kadar nitric oxide, molekul jantung sehat yang meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan aliran darah.


ilmu kedokteran modern sudah mengakui keunggulan minyak zaitun untuk pengobatan, diantaranya :

  1. DR Scoot Grandy dari Universitas Texas dan DR Satsoon dari Universitas California, keduanya mengadakan penelitian tentang menurunnya jumlah penderita penyakit liver pada sebuah daerah yang masyarakatnya menjadikan minyak zaitun sebagai campuran makanan.
  2. Tanggal 21 April 1997 diselenggarakan pertemuan ilmiah di Roma yang dihadiri pakar medis, mereka mengupas dan mengeluarkan keputusan penting tentang minyak zaitun, dalam siaran persnya mereka menegaskan bahwa minyak zaitun dapat melindungi serangan penyakit arteriole (saluran darah kecil di hepar/liver dan menghambat naiknya kolesterol darah), tekanan darah dan diabetes sebagaimana ia melindungi dari serangan sebagian penyakit kanker.
  3. Minyak zaitun dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, tanpa menimbulkan dampak negatif terhadap kolesterol yang bermanfaat, sehingga organ hati dan jantung akan terjaga serta rusaknya urat dalam tubuh.
  4. Prof. Asman dari Universitas Monster, Jerman, memaparkan bahwa kebiasaan menggunakan minyak zaitun memberikan peluang cukup besar untuk dapat melindungi diri dari sejumlah serangan kanker; kangker usus besar, rahim, indung telur.
  5. Archieves of Internal Medicine, edisi Agustus 1998 menegaskan bahwa kebiasaan mengkonsumsi satu sendok makan zaitun setiap hari, memungkinkan untuk dapat mengurangi terkena kanker payudara hingga 45%.
  6. Dan masih banyak penelitian medis kedokteran moden lainnya yang telah secara ilmiah terbukti mampu mencegah dan mengobati beragam penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Abigail Indiana

Foto saya
I am a product of GOD's Grace. Single, Simple person but will always be an extraordinary person. Just a nature, Truth lover, jazzy lover, coffee lover. Selalu mendefinisikan setiap fase hidup dengan ucapan syukur. I love my beloved Savior, He loves me unconditionally.