Rabu, 09 Mei 2012

Mimpi Kecil


Kalau meneliti kembali setiap perjalanan hidup kita sejak kita mampu mengingat dan menulisnya dalam sebuah catatan, sesungguhnya kita memulai kehidupan setiap hari, bersama sebuah mimpi kecil. Mimpi kecil yang diperteguh dengan keyakinan untuk mewujudkannya. Mimpi kecil yang dikerjakan melalui cara-cara kreatif untuk mewujudkan hal-hal besar.
 
Keyakinan kita memotivasi kita untuk bertindak dengan cara tertentu. Kalau kita menyukai kamus, biasanya disana mendefinisikan keyakinan sebagai kepercayaan yang tetap dan kuat. Tapi sebenarnya keyakinan lebih dari itu, karena keyakinan kita itu meliputi nilai-nilai hidup kita, termasuk komitmen dan motivasi. Kita lebih familiar dengan kata iman, yaitu sesuatu yang kita pertahankan, bahkan rela kita perjuangkan sampai mati.

Beberapa teman heran dengan “lompatan aneh” yang saya buat, berlatar belakang purchasing di perusahaan plastik selama 14 tahun, tiba-tiba menjadi penyiar. Jujur awalnya saya pribadi juga heran, tapi waktu saya coba mereview ingatan saya, ternyata itu adalah bagian dari mimpi kecil saya diwaktu remaja. Pada waktu itu saya tidak mulus mewujudkan impian tersebut karena memang tidak ada yang memfasilitasi dan belum adanya kesempatan untuk mengembangkan apa yang menjadi kemampuan saya dan membawanya pada  perjalanan menuju mimpi. Apalagi pada waktu itu tidak seperti sekarang ini, radio menjadi hiburan mewah. Mendengar nama orang yang kita kenal atau orang yang kita sukai disebut disebuah siaran radio favorite pada waktu, sudah senang sekali, apalagi nama kita yang disebut, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, terutama untuk anak-anak usia remaja, bisa membantu mengangkat kredibilitas. Termasuk saya.

Ada ungkapan yang mengatakan, lain dulu lain sekarang. Dan bisa dibilang, jaman serta kemajuan teknologi cukup berperan dalam mengembangkan minat seseorang. Jaman dulu serba terbatas,  informasi tidak seterbuka sekarang, apalagi lembaga pendukung masih sangat  terbatas dan hanya untuk kalangan tertentu. Kesempatan menjadi barang mahal.   

Sekarang waktu sudah menjalani sebagai penyiar, saya masih sempat berpikir, sepertinya sudah terlambat. Tapi keyakinan saya kembali menguatkan, bahwa tidak ada yang terlambat untuk segala sesuatu di muka bumi ini. Selama kita mengerjakannya dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Di tambah dengan ucapan syukur bahwa masih mendapat kesempatan meraih mimpi diusia yang sudah tidak muda.       

Kita yakin bahwa tidak ada kekuatan apapun yang bisa menghadang mimpi–mimpi kecil kita untuk menjadi energi motivasi menuju perjalanan kemenangan kita kepada tujuan.
Mengapa harus dimulai dengan mimpi kecil. Karena mimpi kecil tidak akan membuat kita ketakutan untuk mempercayai diri sendiri dalam meraihnya bersama mimpi kecil itu. Di benak kita akan mencetak bahwa dia hanya sebuah mimpi kecil, dan sangat tidak sulit untuk kita mewujudkannya di dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, biasakan hidup kita bersama mimpi-mimpi kecil dalam jumlah yang sangat banyak, agar mereka bisa menguasai mindset kita, dan membuat kita mampu untuk melihat kemenangan setiap hari.

Jangan pernah membiasakan diri untuk membuat alasan apapun, untuk menghentikan mimpi kecil kita. Walaupun itu, oleh alasan, kurangnya kepercayaan diri kita terhadap keberhasilan mimpi kecil kita. Jika berbicara tentang tidak percaya diri, saya menduduki top ranking pada waktu usia SMP. Seperti biasa, sudah pasti ada cerita panjang dibalik itu. Bersyukur selepas itu saya bertemu beberapa teman baik yang mampu membuat saya “merasa” di terima. Hal itu memberi saya energy untuk sedikit berkembang, meskipun sekali lagi tidak mampu membawa saya kepada sebuah mimpi muluk untuk menjadi seorang penyiar.  

Suatu keyakinan bahwa mimpi dan harapan di hari ini akan menjadi kekuatan untuk keberhasilan pada masa depan akan memberi kita kemampuan untuk menggandakan energi kreatifitas di hari ini, yang secara otomatis akan berlipat kali menggandakan energi keberhasilan kita dimasa yang akan datang. Hal ini juga baru saya sadari. Dalam perjalanan hidup saya sampai saat ini, ternyata saya memperoleh banyak kesempatan bertemu dengan orang-orang hebat, dalam pemandangan saya. Dari tokoh masyarakat, pengajar, trainer, pengusaha ternama, sampai musisi atau seniman yang karya-karya hebatnya menginspirasi serta menguatkan hidup saya. Tidak hanya dipertemukan tapi ada kesempatan berinteraksi dengan beliau-beliau, itupun bagi saya merupakan bonus tambahan dari mimpi yang terwujud.

Apapun yang kita inginkan untuk memperbaiki kualitas hidup, mulailah dari sebuah mimpi kecil, dari sebuah ilusi untuk menjadi orang seperti yang kita inginkan, sebab adakalanya ilusi yang hidup dalam imajinasi akan menciptakan kehidupan yang luar biasa di masa depan.

Jangan pernah menyiksa diri dengan pikiran dan perasaan kekurangan. Jangan pernah membiarkan diri jatuh ke dalam pesimistis. Jangan pernah mengabaikan diri untuk bekerja keras mewujudkan mimpi dan harapan sesuai ilusi dan imajinasi.

Mimpi kecil kita akan bersinar, jika kita memiliki keyakinan untuk membuatnya bersinar. Hanya kita seorang bersama kerja keras yang luar biasa, pasti dapat mewujudkan mimpi kecil kita, untuk hadir dalam realitas kehidupan kita. Tentu saja harus tetap dipertemukan dengan kesempatan serta kehendak dari pemilik hidup kita.

Hidup kita adalah milik kita yang paling berharga. Hidup kita adalah satu-satunya kekayaan abadi yang kita miliki. Jangan sia-siakan hidup kita dengan cara menciptakan keraguan dan ketakutan untuk  menjauhkan kita dari sumber kekayaan abadi.

Untuk mencapai keberhasilan seperti yang kita inginkan, sama seperti analogi mendaki gunung. Tidak ada jalan rata dan pintas! Sewaktu-waktu, rintangan, kesulitan, dan kegagalan selalu datang menghadang. Hanya dengan mental dan tekad yang kuat, tetap menjaga komitmen dan berjuang, kita akan mencapai puncak tujuan dan impian kita

Indie *090512

1 komentar:

  1. Hello. I see you are using my rock picture off the internet without buying it first. WOuld you mind just popping onto canstock.com and purchase the picture before using it. That way it won't have the water mark on it. It should only cost you a few dollars. Thanks you so much.
    Sincerely,
    Secheltgirl.

    BalasHapus

Abigail Indiana

Foto saya
I am a product of GOD's Grace. Single, Simple person but will always be an extraordinary person. Just a nature, Truth lover, jazzy lover, coffee lover. Selalu mendefinisikan setiap fase hidup dengan ucapan syukur. I love my beloved Savior, He loves me unconditionally.