Minggu, 18 Agustus 2019

TINDAKAN NYATA


Hampir semua orang menghadapi hari dengan bekal to do list atau “daftar hal-hal yang harus dikerjakan”. Namun, Alkitab mendorong kita untuk memiliki “daftar cita-cita”.
​Sementara memang penting untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, melibatkan diri dalam proyek-proyek tertentu, atau mengadakan pertemuan tertentu, namun yang lebih penting demi kekekalan adalah menjadi orang seperti apa di sepanjang hari itu.
​Dari perspektif “hal-hal yang harus dikerjakan”, kita cenderung datang ke hadapan Tuhan dan mengatakan, “Inilah daftarku dan inilah jadwalku. Tolong sertai aku, bantu aku, dan berkati aku”.
​Dari perspektif “cita-cita”, kita boleh memohon hal-hal berikut ini kepada Tuhan :
• Bantu aku mencerminkan kasihMu hari ini.
• Bantu aku memperlihatkan sukacitaMu, kelemahlembutanMu, penguasaan diriMu.
• Bantu aku mewujudkan damai sejahteraMu.
• Bantu aku mempraktekkan kesabaranMu.
• Bantu aku mengungkapkan kemurahanMu.
• Bantu aku memaklumkan kebaikanMu.
• Bantu aku mengungkapkan kesetiaanMu.
Namun, berharap saja tidaklah akan menghasilkan ciri-ciri ini. Ciri-ciri ini datang dari kehidupan yang dijalani dengan komunikasi yang erat dengan Tuhan, yaitu kehadiran-Nya yang akan membuat hidup kita berbeda. Oleh karena itu, daftar “cita-cita” kita haruslah selalu dimulai dengan undangan kepada Roh Kudus untuk menginspirasikan kita dan mendorong kita ke arah pekerjaan baik.
Sebagai contoh, untuk mengungkapkan kemurahan Tuhan, kita terlebih dulu harus memandang diri kita sebagai penerima kemurahan Tuhan. Dalam menerima kemurahanNya, kita menjadi jauh lebih tanggap terhadap berbagai kesempatan di mana kita boleh memperlihatkan kemurahanNya kepada orang lain. “Bersikap murah hati” menjadi bagian dari segala yang kita kerjakan. Cara kita mengerjakan pekerjaan sehari-hari, mengadakan rapat, melaksanakan titipan-titipan, serta melibatkan diri dalam proyek-proyek, memperlihatkan kemurahanNya kepada orang-orang di sekeliling kita.
Memprioritaskan daftar cita-cita, akan membuat hal-hal yang harus kita kerjakan menjadi jauh lebih jelas – dan jauh lebih ringan.


Indie 6/12/2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Abigail Indiana

Foto saya
I am a product of GOD's Grace. Single, Simple person but will always be an extraordinary person. Just a nature, Truth lover, jazzy lover, coffee lover. Selalu mendefinisikan setiap fase hidup dengan ucapan syukur. I love my beloved Savior, He loves me unconditionally.