Senin, 19 Agustus 2019

WORK # MONEY

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang bekerja mencari uang, tapi ketika kita melandaskan pekerjaan pada hal selain uang, maka kita akan memperoleh benefit (keuntungan) yang lebih berharga, yaitu menemukan jati diri/identitas, mengaktualisasi diri dan berdampak.

Hikmat adalah hal yang sangat diperlukan setiap orang, bukan saja untuk bekerja tapi juga menjalani kehidupan. 
Setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda mengenai hal terbaik dalam hidup, tergantung prioritas dan nilai hidup yang dengan sadar dikembangkan oleh masing-masing. 
Sebagai orang percaya kita bersyukur, karena telah memiliki role model terbaik untuk bisa memiliki prioritas dan nilai hidup benar, yang akan kita kembangkan. Untuk bisa mengerti apa saja nilai itu dan bagaimana mengembangkannya, kita harus memenuhi pikiran dengan nilai hidup yang ada dalam kebenaran.
Salomo raja yang tercatat paling sukses menjalin hubungan bisnis dengan kerjaan lain, terkaya bukan saja dengan hikmat, tapi juga harta dan segala hal, mengingatkan , supaya kita mengarahkan perhatian kepada didikan, telinga kepada kata-kata pengetahuan, dan berhenti bersusah payah menjadi kaya, tapi sebaliknya dengan giat mengejar hikmat. Membuka wawasan seluas-luasnya sampai pada kekekalan dan menemukan kekuatan yang kita perlukan ketika harus menghadapi kesulitan hidup.

Orang berhikmat adalah orang yang :
Arif bijaksana dalam segala tindakan dan keputusan. Mampu menerima setiap proses kehidupdan dengan lapang dada dan merespon setiap situasi dengan baik.
Pkh 10:10 “Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat”.
Memiliki akal sehat dan perencanaan dalam hidupnya (Luk 14:28-31)
Memiliki perbuatan yang lemah lembut (penuh kasih dan kesabaran)
Yakobus 3:13 “Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan”. 

Bekerja dengan hikmat akan membawa kita menjadi versi terbaik dari hidup kita. 
Bekerja dengan hikmat akan membuat kita menemukan jati diri/identitas, sehingga kita tidak perlu menjadi orang lain, atau hidup dibawah bayang-bayang orang lain.
Bekerja dengan hikmat membuat kita dapat mengaktualisasi diri dan menemukan panggung kita, sehingga kita dapat lebih bersyukur dan menghargai diri sendiri.
Bekerja dengan hikmat membuat hidup kita lebih berdampak, orang akan melihat kita melakukan pekerjaan bukan saja dengan hasil terbaik, tapi juga dengan cara terbaik. Hikmat diperoleh dari takut akan Tuhan (Amsal 9:10a).

Takut akan Tuhan berarti menjauhi dosa dan hidup dalam terang kasih-Nya.


Indie 9/03/18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Abigail Indiana

Foto saya
I am a product of GOD's Grace. Single, Simple person but will always be an extraordinary person. Just a nature, Truth lover, jazzy lover, coffee lover. Selalu mendefinisikan setiap fase hidup dengan ucapan syukur. I love my beloved Savior, He loves me unconditionally.